Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

09 April 2010

Men-sign aplikasi Symbian S60 v3 terbaru dan S60 v5

Aplikasi Symbian S60 v3 hampir sama (bisa juga dibilang kompatibel) dengan aplikasi S60 v5, termasuk tema. Hanya saja gambar-gambar pada tema terlihat agak berbeda apabila digunakan ponsel berbeda keluarga, maksudnya… tema S60 v5 digunakan pada S60 v3, dan sebaliknya.

Aplikasi yang belum berstatus signed akan tidak bisa diinstal pada ponsel Symbian S60 v3 dan v5 apabila melebihi waktu kadaluarsanya. Hack berfungsi agar sistem ponsel tidak memperhitungkan waktu kadaluarsa ini sehingga aplikasi akan lancar diinstal.
Silahkan lihat artikel tentang hack dan sertifikat kadaluarsa untuk penjelasan lain.
Agar aplikasi tetap bisa diinstal tetapi tanpa meng-hack ponsel bisa ditempuh 2 jalan, yaitu:
  1. Menebak tanggal sebelum masa kadaluarsa. Ini bisa saja dilakukan berulang-ulang sampai menemukan tanggal tersebut. Ubah tanggal sistem ponsel sesuai tanggal yang diperkirakan dan instal aplikasi. Ini akan berhasil jika menemukan tanggal yang pas. Bayangkan bolak-balik ganti tanggal sistem ponsel… entah akan berapa kali …..
  2. Men-sign aplikasi sebelum diinstal. Proses sign ini bisa dilakukan melalui internet (online signed), di komputer tanpa tersambung internet (offline sign), atau langsung di ponsel.
Berikut akan saya bahas mengenai sign aplikasi… agar tidak bersusah payah menebak-nebak tanggal sebelum kadaluarsanya….

Prinsip sign aplikasi ini adalah sama, yaitu perlu file sertifikat (berupa 2 file berekstensi .cer dan .key) dan software yang akan melakukan proses tersebut. Pada ponsel keluarga S60 v2 tidak memerlukan ini karena tidak memiliki security sistem yang ketat. Ini diperlukan pada ponsel keluarga S60 v3 dan v5. S60 v3 keluaran awal (dengan firmware lama yang belum diupgrade) masih bisa menggunakan file sertifikat biasa yang bisa dibuat dengan carbide UI. Sedangkan sistem dengan security baru pada S60 v3 terbaru dan S60 v5 memerlukan file sertifikat dengan otentifikasi tambahan berupa nomor IMEI ponsel.
File sertifikat ini bisa didapatkan di cer.opda.cn/en (alternatif: iMobile) dengan terlebih dahulu mendaftar. Software pen-sign-nya juga bisa didapatkan disana. Satu file certificate hanya bisa digunakan untuk 1 nomor IMEI alias 1 ponsel GSM.
Setelah file sertifikat diterima, tinggal diinputkan pada softwarenya dan aplikasi akan berstatus sign dan siap diinstal ke ponsel. Begitu juga untuk aplikasi-aplikasi yang lain. Ini adalah langkah-langkah offline sign.

Untuk online sign, aplikasi yang akan disign harus diupload dan setelah beberapa waktu anda akan dikirimi email berisikan aplikasi yang ingin anda sign tadi yang sudah berstatus sign. Kita tidak perlu tahu file sertifikat untuk langkah ini … tetapi diperlukan upload tiap kali akan menginstalkan aplikasi. Repot juga ya…???
Jadi … offline sign dilakukan sendiri setelah mendapat file sertifikat dan mudah digunakan berulang kali (banyak kali), sedangkan online sign tidak perlu rumit tapi perlu upload tiap kali akan instal aplikasi. Hack dilakukan pada ponsel, memang berbahaya apabila ada kesalahan, tetapi dilakukan hanya 1 kali berapapun aplikasi yang akan diinstalkan.  Keputusan akhir ada ditangan anda, jalan mana yang ditempuh…

Tutorial penggunaan dan download software Sign dari OPDA bisa dilihat di How to use OPDA signing tool ?