Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

08 Mei 2010

Pilih gambar jpg, gif, png… utk dipasang di web

Website saat ini dan yang akan datang memiliki kecenderungan untuk mengarah pada informasi yang mengandung unsur-unsur multimedia, dilengkapi dengan gambar, suara, dan juga video. Untuk urusan audio… biasanya digunakan standar format mp3. Video sih biasanya menggunakan format flash untuk yang dipasang langsung pada web.

Sedangkan gambar…??? Ada 3 format populer yang biasa digunakan, yaitu .jpg (.jpeg), .gif, dan .png)

image-format-file type-website-blog-vmancer Sekilas terlihat sama, walaupun sebenarnya berbeda. Blog atau website bisa saja tampil lebih cepat juga indah dengan memilih format yang tepat.

Berikut perbedaannya yang saya dapatkan dari delgrade.com

JPG atau JPEG (Joint Photographic Experts Group)

Format ini cocok untuk gambar dengan kombinasi warna yang banyak dan kompleks, seperti foto pemandangan dan sebagainya karena menyimpan warna 24-bit. Oleh karena itu, format ini paling umum digunakan dalam dunia fotografi. Mengingat ukuran file yang relatif kecil dengan kualitas yang tetap bagus. Jika ingin menampilkan gambar dengan kombinasi warna yang kompleks, dan ingin tetap mempertahankan kualitas tampilan, maka format ini merupakan pilihan terbaik. Hanya saja, format ini tidak mendukung transparasi.

GIF (Graphic Interbhange Format)

Merupakan format yang banyak digunakan untuk Web, bahkan telah menjadi format standar Web yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1987. Meskipun format ini dapat mengandung berbagai macam warna 24-bit (sekitar 16 juta macam warna), tetapi satu image gif hanya dapat mempunyai kombinasi sebanyak 256 warna (8-bit-per-pixel), sehingga untuk gambar dengan kombinasi warna yang banyak seperti foto, jika diubah ke format GIF akan terlihat pecah-pecah.

Format ini cocok untuk file dengan tampilan warna yang terbatas dan sederhana, seperti gambar dengan blok warna-warna tertentu, garis dan text. Keunggulan format ini dapat digunakan untuk menyimpan animasi, sehingga masih sering digunakan untuk iklan banner. Karena masalah lisensi kompresi yang digunakan, maka dibuatlah format pengganti format GIF yaitu format PNG.

PNG (Portable Network Graphic)

Berawal karena masalah lisensi format GIF, maka dibuatlah format PNG ini. Pada awalnya dukungan PNG masih terbatas, tetapi saat ini hampir semua browser sudah mendukung format ini. Tidak seperti GIF, format ini dapat menyimpan kombinasi warna 24-bit, tidak terbatas hanya 256 warna. Ukuran file yang dihasilkan relatif lebih kecil dari format GIF. Terdapat banyak kelebihan dibanding format GIF, hanya saja PNG tidak bisa menyimpan animasi, meskipun ada format turunan untuk animasi, yaitu MNG. Selain itu, browser lama seperti Internet Explorer 3 dan sebelumnya (jika masih ada yang memakai) belum mendukung format ini.

Seperti GIF, format ini sangat cocok untuk menyimpan image dengan kombinasi warna yang sederhana, seperti text garis dan blok warna. Image dengan ukuran lebar dan tinggi yang besar dapat mempunyai ukuran yang sangat kecil, jika hanya terdiri beberapa blok warna dan text saja. Tetapi sebaliknya, walaupun gambar cukup kecil, tetapi jika kombinasi warnanya cukup komplek, seperti pemandangan, foto, dan sejenisnya maka ukurannya akan besar. Keunggulan lain format ini adalah dapat menyimpan transparansi / alpha channel.