Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

04 September 2011

DraftSight: software CAD gratis

Dulu waktu saya kuliah Teknik Sipil, hanya tahu AutoCAD yang digunakan untuk gambar desain struktur. Tapi kurang tahu juga kalo ada software CAD lain.

Setelah lulus, saya akhirnya dapat informasi bahwa ada software CAD lain yaitu ProgeCAD yang mana berharga murah, dan bahkan gratis untuk ProgeCAD 2008 Smart selama digunakan untuk keperluan personal. Silahkan baca lebih lanjut pada artikel ProgeCAD 2008 Smart: CAD free persis Autocad 2002. Sayangnya setelah versi ini, tidak ada yang gratis lagi. Walaupun begitu, harga lisensi ProgeCAD jauh lebih murah dibandingkan AutoCAD.

Beberapa waktu belakangan ini saya ketemu dengan software CAD lain yang benar-benar gratis. Bahkan kapasitas instaler-nya sangat kecil dibandingkan software CAD pada umumnya, cuma sekitar 65 MB. Namanya DraftSight. Bila dilihat interface-nya….. tidak jauh berbeda dengan software-software CAD lain. Dijamin tidak akan kebingungan menggunakannya. Kompatibel dengan file DWG bahkan sampai versi 2010. DraftSight bisa dijalankan tidak hanya pada Windows, bisa juga di Linux dan Mac.

DraftSight - light and free CAD software

Jika anda tertarik mencoba, silahkan langsung menuju halaman download gratis DraftSight. Anda harus melakukan registrasi (gratis) dulu sebelum download.