Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

19 April 2010

Buat sendiri file sertifikat di OPDA agar tidak kadaluarsa

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel cara men-sign aplikasi sehingga bisa terinstal pada ponsel Symbian S60 v3 dan S60 v5 dan tidak muncul peringatan “sertifikat kadaluarsa”. Sebelumnya saya telah membuat beberapa artikel tentang peringatan sertifikat kadaluarsa yang muncul ketika menginstalkan aplikasi dan tema ke ponsel.
Membuat file sertifikat, pada software buat tema carbide UI juga disebut dengan Key Pairs, pada aplikasi terbaru memerlukan nomor IMEI ponsel sebagai otorisasi sehingga satu paket file (yang terdiri file .cer dan .key) hanya bisa digunakan pada satu ponsel dengan bernomor IMEI yang sama. Karena hal inilah file sertifikat lama tidak bisa lagi digunakan. Salah satu organisasi yang menyediakan jasa membuat key pairs adalah OPDA pada website-nya.
Disini akan saya paparkan cara membuatnya di OPDA.
Symbian Certificate Application and software online signing - OPDA.CN
Pertama… silahkan mendaftar / register dulu. Setelah mendaftar, login… dan sampailah pada… entah apa namanya… sejenis darbor atau apalah istilahnya… terlihat pada screenshot dibawah.
Symbian Certificate Application and software online signing - OPDA.CN2
Kedua… untuk membuat file sertifikat pilih Apply Cer (tombol berwarna orange, atas kanan). Bagian bawah yang saya tandai dengan warna merah adalah software yang digunakan untuk men-sign aplikasi dengan file sertifikat yang akan dibuat ini. Silahkan download apabila belum punya. Juga ada software yang bisa dijalankan langsung dari ponsel Symbian.
Symbian Certificate Application and software online signing - OPDA.CN3
Setelah itu pilih “submit application”. Jika file certificate yang anda buat telah jadi, akan tampak pada halaman gambar screenshot nomor 2 diatas.
Silahkan mencoba…


Tutorial penggunaan dan download software Sign dari OPDA bisa dilihat di How to use OPDA signing tool ?