Artikel ini menarik! Beritahu teman mu..

06 Juni 2013

Eco Green Park, Batu, Malang, Jawa Timur

Eco Green Park terletak di daerah Batu, Malang, Jawa Timur. Bersebelahan dengan Jatim Park 2.
Kedua tempat ini sangat menarik bagi saya, sangat mungkin anda juga... :-)

Eco Green Park adalah tempat yang berisikan berbagai ilmu pengetahuan dalam bentuk yang sangat menghibur dan menyenangkan, itu menurut pandangan saya. Baru masuk sudah disuguhi berbagai hal yang terkait dengan kehidupan masyarakat yang tidak lepas dengan alam sebagai tempat tinggal.

Lihat saja 2 foto dibawah ini.
Menurut pandangan saya, ini suasana tempat tinggal seperti suasana di pedesaan. Dekat dengan sumber mata pencaharian yaitu sawah ladang kebun, perikanan darat (kolam, sungai), hutan, dan lain-lain. Tetapi apabila salah mengelolanya....akan menimbulkan bencana seperti yg terlihat pada gambar ke 2.
Tanah longsor dan banjir bandang akibat hutan gundul memporak-porandakan kampung.

Eco Green Park, Batu, Malang, Jawa Timur

Eco Green Park, Batu, Malang, Jawa Timur

Itu baru permulaannya saja di Eco Green Park ini.
Tempat ini cukup luas dan berisi banyak hal. Melihat bagian depan mungkin anda tidak menyangka bahwa bagian belakangnya akan berisi seperti kebun binatang. Disini berisikan berbagai hewan, tetapi hewan-hewan yang berperanan besar membantu kehidupan manusi dan berasal dari berbagai negara. Seperti unggas, sapi, kambing, dan lain-lain. Di sepanjang perjalanan di lokasi ini juga banyak dipasang kata-kata mutiara bertemakan kelestarian lingkungan, seperti kalimat : Udaraku segar karena aku hijau, Masa depan Bumi di tangan kita, dan lain-lain.

Bukan hanya kalimat...
Lihatlah 2 gambar dibawah, tiang penerangan jalan ini juga memanfaatkan sumber energi alam dimana lampu mendapatkan energi listrik untuk bisa menyala dari tenaga matahari dan angin.
Berbagai simulasi juga banyak disini sehingga kita tidak hanya bisa mengetahuinya dari buku bacaan atau searching di internet tapi melihatnya langsung. Seperti simulasi pengolahan sampah, budi daya jamur, pemanfaatan air untuk energi listrik, simulasi gempa, angin topan, dan berbagai simulasi lain.
Sarana bersenang-senang juga ada di sini. Sebagian diantaranya adalah berhubungan dengan ketangkasan, keseimbangan  badan, dan lain-lain.

Sangat cocok anak-anak sekolah ke tempat ini karena menurut saya ini cara belajar yang sangat menarik.

Lihat foto-foto lain Eco Green Park

Tips

  1. Datang kesini pagi-pagi karena karena banyak hal menarik dan menyenangkan akan memakan waktu lama untuk mencoba dan mengamatinya.
  2. Karena berjalan cukup jauh, bersiaplah menggunakan alas kaki yang memadai. Anda tidak akan merasa lelah disana tetapi setibanya dirumah panggilah tukang pijat :-)
    Ada alternatif persewaan sejenis sepeda listrik tetapi menurut saya harga cukup mahal, selain itu anda akan kehilangan banyak hal.
  3. Anda bisa mendapatkan harga tiket masuk cukup murah jika tidak pada hari libur dan akan lebih murah lagi kalau anda membeli tiket paket, tapi perhitungkan waktu anda karena harus mengunjungi 2 tempat yg luas dan menarik dalam waktu 1 hari. Bisa-bisa akan kehabisan waktu di satu tempat saja.
  4. Bawa pakaian cadangan. Banyak permainan menarik disini yang membuat baju anda basah :-)
    (kalau main.....)
  5. Waspadai cuaca!
    Batu termasuk di daerah pegunungan. Hujan sangat mudah turun disini.
  6. Yang suka foto-foto, bawa baterai cadangan. Disini banyak obyek menarik!!   
Video salah satu simulasi: Gamelan yang dimainkan oleh aliran air


Eco Green Park, Batu, Malang, Jawa Timur

Eco Green Park, Batu, Malang, Jawa Timur